Kamis, 01 April 2010

Algoritma dan struktur data

Algoritma adalah kumpulan prosedur yang ditulis secara jelas dan structural untuk menyelesaikan suatu masalah. Tiga hal yang harus ada dalam sebuah algoritma adalah : input, proses, dan output. Desain dan analisis algoritma merupakan cabang ilmu computer yang mempelajari tentang karakteristik dan performa algoritma dalam menyelesaikan suatu masalah, terlepas dari jenis system computer dan bahasa pemrograman yang digunakan.

Tiga komponen utama dalam merancang program :

1. Komponen masukan (input).

Komponen ini biasanya terdiri dari pemilihan variable, jenis variable, tipe variable, konstanta dan parameter (dalam fungsi)
2. Komponen proses.

Komponen ini merupakan bagian utama dan terpenting dalam merancang sebuah algoritma. Dan bagian ini terdapat logika masalah, logika algoritma (sintaksis dan semantik), rumusan, metode (rekursi, perbandingan, penggabungan, pengurangan, dan lain-lain.)
3. Komponen keluaran.

Komponen ini merupakan tujuan dari perancangan algoritma dan program. Permasalahan yang diselesaikan dalam algoritma dan program harus ditampilkan dalam komponen keluaran. Karakteristik keluaran yang baik adalah benar (menjawab) permasalahan dan tampilan yang ramah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar